Flexibility and Efficiency of Use - Aplikasi SoundHound

by 6:00 AM 0 comments

1. Seluruh Fungsi Utama terdapat pada tampilan Home dan menu swipe

Mengingat fungsi utama dari aplikasi SoundHound yaitu sebagai pengenal musik secara instan ,maka ketika aplikasi terbuka terlihat sebuah tombol dengan ukuran yang besar, terletak di tengah dan memiliki efek yang unik yang secara langsung membuat pengguna tidak berfikir panjang untuk menebak tombol tersebut menjalankan fungsi utama dari aplikasi tersebut. di atas tombol fungsi Utama terdapat 3 tab yang merupakan fungsi penunjang yang penting. sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan kegiatannya dengan cepat. namun jika pengguna melakukan swipe akan keluar menu yang menamilkan fungsi yang sama dengan yang tersedia pada tab yang berada pada laman home.




Solusi:
Seharusnya menu penunjang di letakkan pada menu swipe saja atau pada tab tidak perlu ditampilkan keduanya, sehingga pengguna tidak bingung dan tampilan bisa menjadi minamlist.

2. Fungsi Bantuan yang Sulit dijangkau

Fungsi Help pada dasarnya pasti selalu ditemukan diberbagai aplikasi yang baik, hal ini untuk menunjang dan membantu pengguna agar memahami aplikasi secara menyeluruh. namun pada aplikasi SoundHound fungsi help ini sulit untuk diakses dan memerlukan langkah yang cukup panjang untuk menemukannya ditambah iconnya terlalu kecil sehingga menyulitkan pengguna untuk mengaksesnya.


Solusi:
Seharusnya menu bantuan dibuat dengan icon yang lebih besar dan ldapat diakses dengan langkah yang mudah. 

3. Fungsi Mendapatkan Informasi Lirik Tidak Praktis

Untuk mendapatkan informasi lirik lagu yang dicari pengguna dibawa keluar aplikasi dengan membuka laman google yang langsung tertuju dengan keyword berdasarkan judul lagu.sehingga hal ini terlihat kurang praktis dan membuat kegiatan yang dilakukan pengguna lebih lambat.


Solusi:
Seharusnya informasi lirik diambi dari luar namun tetap ditampilkan dalam aplikasi sehingga terkesan lebih baik dan praktis sehingga pengguna tidak bingung dan merasa dilempar ke aplikasi lain untuk mendapatkan informasi lirik.




Menurut Nielsen (1995), severity rating itu terbagi ke dalam 5, yaitu :

SR

Kasus 1:
Nilai severity rating berada pada tinglkatan no. 3 sehingga penting untuk dilakukan perbaikan dengan prioritas yang tinggi.

Kasus 2:
Nilai severity rating berada pada tinglkatan no. 2 sehingga perbaikan dilakukan dalam prioritas rendah.

Kasus 3:
Nilai severity rating berada pada tinglkatan no. 4 sehingga sangat penting untuk diperbaiki sebelum sistem atau produk dipublikasikan.

Kembali ke >> Evaluasi Heuristik pada MobileApps SoundHound

0 comments :

Post a Comment