Help users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors - Aplikasi SoundHound

by 6:20 AM 1 comments

1.Terdapat Informasi pada Proses Listening yang Tidak Perlu ditampilkan

SoundHound memiliki waktu identifikasi dalam hitungan 3-5 detik untuk mengenali informasi sebuah lagu. Namun jika terdapat banyak noise atau volume yang tidak tertangkap oleh mic, SoundHound memerlukan waktu lebih lama bahkan bisa gagal dalam mengidentifikasi sebuah lagu. Pada saat SoundHound memerlukan waktu lebih lama muncul sebuah informasi "Tap when done" yang seharusnya tidak perlu dimunculkan. karena ketika di tap maka akan mengakhiri sesi listening. Seorang pengguna menginginkan hasil sesegera mungkin dan tidak akan membatalkan sebuah proses identifikasi yang sudah lama ditunggu.   



Solusi: 
Seharusnya "Tap when done" tidak perlu di tampilkan, tetapi jika memang waktu identifikasi terlalu lama maka aplikasi SoundHound secara otomatis menghentikan proses listening. 

2.Fungsi Save yang tidak memiliki penjelasan rinci.

Selanjutnya jika sistem gagal mengidentifikasi kita akan diberikan informasi yang lengkap mengenai berbagai penyebab kegagalan identifikasi. sehingga pengguna bisa mengerti letak kesalahan secara spesifik. namun ada satu fungsi save disana yang mungkin kurang membantu bahkan ketika kita pilih hanya merubah keterangan dari "Save" menjadi "Saved" tanpa ada keterangan untuk apa, disimpan dimana, dalam format apa, bagaimana menggunakannya. Sehingga pengguna ragu untuk menggnakan fungsi tersebut.


Solusi: 
Seharusnya jika ada fungsi recover alangkah baiknya memiliki informasi yang detail saat dilakukan. misal ketika di klik tombol "save" maka ada popup informasi detailnya.

Menurut Nielsen (1995), severity rating itu terbagi ke dalam 5, yaitu :

SR


Pada kasus diatas nilai severity rating berada pada tinglkatan no. 2 sehingga perbaikan dilakukan dalam prioritas rendah.

Kembali ke >> Evaluasi Heuristik pada MobileApps SoundHound

1 comment :

  1. Untuk tap when done mungkin akan lebih baik jika ada pengaturan terlebih dahulu, biasanya pengguna lupa jika harus menunggu. Ketika proses listening lama maka mungkin pengguna membuka tab lain. Maka dari itu menurut saya diperlukan setting untuk menentukan apakah fungsi "tap when done" perlu diaktifkan atau tidak (:

    ReplyDelete