Consistency and Standards - Aplikasi SoundHound

by 5:54 AM 0 comments

1.Terdapat Menu yang Tidak Konsisten

Terdapat 2 akses untuk mengakses menu bantuan, yaitu pada menu luar swipe, dan satu lagi pada menu setting. ketika diakses ternyata memiliki isi yang berbeda dengan judul yang sama yaitu "Help". hal ini membuat pengguna berfikir apakah yang ia pilih sudah benar.

Akses 1





Akses 2



Solusi:
Seharusnya menu bantuan dimuat menjadi satu, tidak dipisah, sehingga pengguna tidak akan berfikir terlalu lama untuk menentukan menu mana yang bisa membantu masalah yang dihadapinya.


2.Fungsi yang tidak memiliki keterangan

setiap fungsi jika pengguna melakukan input maka harus ada feedback dari sebuah sistem yang minimal terdapat keterangan dari output yang dilakukan. sehingga user mengetahui bahwa fungsi tersebut berfungsi, atau sebagai sebatas informasi user berada pada kondisi apa pada saat itu. pada aplikasi SoundHound ini terdapat beberapa tombol yang tidak memberikan keterangan melainkan hanya perubahan dari tampilan tombol tanpa ada keterangan fungsi tersebut atau letak penyimpanan untuk diakses kembali sehingga menimbulkan keraguan.




Solusi:
Seharusnya ketika tombol bintang(bookmark) di pilih maka ada popup dengan ukuran kecil yang bertuliskan "add to favorites". sehingga user mengatahui fungsi dari tombol tersebut. 



Menurut Nielsen (1995b), severity rating itu terbagi ke dalam 5, yaitu :
SR

Kasus 1:
severity rating berada pada tinglkatan no. 2 sehingga perbaikan dilakukan dalam prioritas rendah.

Kasus 2:
severity rating berada pada tinglkatan no. 2 sehingga perbaikan dilakukan dalam prioritas rendah.


Kembali ke >> Evaluasi Heuristik pada MobileApps SoundHound





0 comments :

Post a Comment