Interaksi Manusia Komputer - Google Now

by 3:24 AM 8 comments
Interaksi adalah melakukan aksi antara dua objek atau lebih dimana memiliki efek dua arah. Postingan kali ini saya akan membahsas mengenai interaksi antara manusia dan komputer. Awamnya ketika mendengar kata interasksi pasti berfikiran hanya terjadi pada sesama makhluk hidup. lantas bagaimana interaksi dengan komputer? Sebenarnya apa yang kita lakukan sehari - hari dengan menggunakan komputer ataupun gadget kita sudah dikatakan interaksi dengan komputer. dimana saat anda menggeser layar smartphone anda dan kemudian anda akan mendapatkan akses penuh terhadap smartphone anda itulah Interaksi. 


Semakin berkembangnya zaman maka interaksi antara manusia dan komputer semakin menarik bahkan bisa dikatakan terkesan natural. jika kita mengingat pada awal munculnya komputer degan tampilan layar hitam disertai huruf dan angka yang berbaris memenuhi layar, hingga saat ini teknologi sudah menampilkan berbagai macam icon agar pengguna mudah untuk memahami berbagai macam fungsi yang tersedia. Tidak sampai disitu, bahkan sekarang manusia bisa berinteraksi dengan komputer dengan sentuhan, gasture dan suara untuk berinteraksi. Mengenai fenomena ini mengingatkan saya pada perkataan CEO Goolgle Sergey Brin pada acara pengenalan Google Glass di acara TED yang  kurang lebihnya berisi seperti ini:

"Di Masa depan, kita tidak perlu menggunakan komputer seperti sekarang namun kita hanya perlu  menyuruhnya untuk melakukan apa yang kita inginkan, dan masa depan itu sudah sebentar lagi akan kita rasakan" 
-Sergey Brin-


Semakin baiknya interasksi antara manusia dan komputer dapat terjalin jika tampilan dan desain sudah mampu mencakup kebutuhan user. berbicara mengenai tampilan mungkin kita akan mengingat kata flat design. desain ini sangat populer pada beberapa tahun terakhir dimana desain yang terkesan simple dan mudah untuk dimengerti juga nyaman untuk dipandang. pada desain flat ini biasanya desainer harus mampu membuat bentuk yang baik dilengkapi dengan permainan warna sehingga nyaman untuk dipandang. yang menarik adalah pada beberapa waktu lalu seiring diluncurkannya android 5.0 Google mengumumkan desainnya tersendiri yang akan menjadi trademark dari Google dengan sebutan Material Design yang terkesan lebih fresh dari desain manapun yang sudah ada. dan terbukti dari berbagai event dan pengamat teknologi Material design ini mampu mengalahkan dominasi dari IOS yang selama ini dianggap memiliki desain yang sangat perfectionist.

tidak hanya pada Android 5.0 namun material design ini sudah digunakan Google diberbagai situs resmi mereka dan aplikasi yang sudah mereka buat. Pada postingan kali ini saya akan fokus untuk membahas Google Now.




Google Now ini adalah aplikasi yang selalu saya gunakan setiap hari, bahkan saya sempat berfikir bahwa aplikasi lainnya tidak berguna. karena dengan Google Now ini kita mampu mendapatkan informasi apapun yang kita inginkan dengan cara yang mudah. untuk menggunakan Google Now ini kita dapat membukanya dengan menggeser layar android dari bawah ke atas hingga muncul logo Google atau cukup mengatakan "Ok Google" diikuti instruksi yang anda inginkan pada smartphone anda. dengan google now kita bisa mendapatkan informasi sesuai dengan keinginan Pengguna dengan mengisi form interest dan bahkan Google Now mampu mendeteksi interest pengguna secara otomatis melalui kegiatan sehari - hari dengan google. sebagai contoh jika pengguna sering melihat berita FC Barcelona maka Google Now akan mengirimkan pertanyaan kepada kita "Apakah Barcelona FC Klub Sepakbola Favorit anda?". dan jika kita menyatakan "Iya" maka pengguna akan mendapatkan informasi secara update mengenai Barcelona FC. berikut berbagai contoh yang dapat Google Now lakukan:

Cuaca


Di awal hari. Google Now menginformaiskan cuaca dilokasi saat ini dan kantor. atau jika anda berpergian, Google Now menginformasikan cuaca di tempat tujuan anda.tempat tujuan Anda.

Lalu Lintas


Dapatkan kondisi lalu lintas dan rute alternatif sebelum berangkat kerja. Google Now juga menginformasikan lalu lintas ke tujuan Anda berikutnya.

Ulang tahun teman


Mengingatkan Anda untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman di G+ atau kontak mereka secara langsung.

Ulang tahun Anda


Rayakan ulang tahun Anda sepanjang tahun.

Olahraga


Google Now terus memperbarui informasi tentang tim olahraga favorit Anda secara real-time, dengan skor terkini dan pertandingan berikutnya. Anda bahkan dapat langsung membeli tiket pertandingan.

Places




Saat berpergian, Google Now akan menyarankan bar, restoran, dan tempat wisata di sekitar. Anda dapat langsung membuka Google Maps untuk mendapatkan info selengkapnya, ulasan, atau bahkan melakukan reservasi. Jika sedang berada di museum atau toko, Anda bahkan dapat menggunakan kamera untuk mempelajari karya seni atau mendapatkan informasi produk.

Terjemahan


Membantu anda menerjemahkan berbagai macam bahasa pada saat anda berpergian

Mata uang


Gunakan Google Now untuk memeriksa kurs lokal dengan cepat ketika berpergian

Waktu di rumah


Saat Anda berada di zona waktu yang berbeda, Google Now akan menampilkan waktu di rumah sehingga Anda tak pernah merasa terlalu jauh.



Yaap Itu dia postingan saya mengenai aplikasi yang sangat membantu saya dalam kehidupan sehari - hari yang memiliki tampilan desain yang sangat baik disertai banyaknya interaksi yang dapat kita lakukan. Semoga Aplikasi ini dapat terus berkembang menjadi lebih baik. Google Now  !






8 comments :

  1. Setuju deeh Google now memang sangat membantu kegiaatan sehari-hari menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan tampilan yang juga sangat interaktif dalam memberikan informasi ke user.

    ReplyDelete
  2. dari segi tampilan google now emang bagus dan simpel, lebih mentingin fungsinya, pokoknya produk google emang keren, btw post lu mirip ama nuh, sama2 ngulas google now. mampir zid ke blog gue..

    ReplyDelete
  3. Setuju. Lengkap banget ulasannya (Y).
    Google now memang dirancang menjadi aisisten yang baik, sehingga google now harus interaktif sama penggunanya.
    mampir ke blog kita juga om rahmathidayatnasution.wordpress.com.

    ReplyDelete
  4. Belum ada yang bisa ngalahin google dalam hal ini :)

    ReplyDelete
  5. Tampilan dari google memang selalu simple tetapi cukup interaktif dengan user. Semua yang di tampilkan pada google cukup terkesan straight forward jadi tidak membingungkan user. Standing applause buat google ;)
    Mampir ke sarahshazs.blogspot.com yaaa ehehhe

    ReplyDelete
  6. Saya setuju, Google Now memang sudah mencakup berbagai hal. Selain itu tampilan yang sederhana membuat user lebih mudah menggunakannya.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas komentarnya teman teman :kikik:

    ReplyDelete
  8. saya sangat setuju dengan ulasan Irfan karena dengan adanya google now sangat membantu untuk beberapa orang dengan mobilitas tinggi sangat di permudah dengan penggunaan fitur dari google now tersebut

    ReplyDelete