Help and Documentation - Aplikasi SoundHound

by 5:29 AM 1 comments

1.Tutorial penggunaan aplikasi ini hanya dapat dilakukan sekali pada saat pertama install.

Ketika pertama kali aplikasi diinstal pada smartphone maka terdapat informasi - informasi yang memberikan bantuan tentang penggunaan sistem sehingga pengguna dengan mudah mempelajari dan menggunakan sistem kedepannya. namun jika pengguna mengakses untuk kedua kalinya bantuan seperti ini tidak akan muncul kembali. padahal terkadang pengguna membutuhkan informasi seperti hal tersebut lebih dari sekali.




Solusi: 
Seharusnya ada menu seperti applikasi Tour sehingga bagi pengguna yang ingin mendapatkan informasi penggunaan secara instan dapat dilakukan kapanpun.

2.Menu bantuan berisi informasi penggunaan memiliki tahap yang cukup panjang untuk menjangkaunya.

Segala  sesuatu tidak akan diketahui secara keseluruhan oleh user. Mengingat SoundHound memiliki berbagai fitur-fitur baru yang tidak pernah di temukan pada aplikasi lainnya. sehingga terkadang pengguna membutuhkan penjelasan. oleh karenanya tombol help sangat di perlukan untuk menunjang permasalahan tersebut namun. jika dilihat pada aplikasi SoundHound tombol tersebut tidak terlihat pada tampilan utama, melainkan menghauskan pengguna melakukan beberapa step untuk menemukannya. setelah terlihat tombol help (bantuan) justru memiliki ukuran yag sangat kecil.





Solusi:
Seharusnya menu bantuan diletakkan pada tampilan awal. atau jika terdapat pada menu swipe harus menggunakan icon yang lebih besar.


Menurut Nielsen (1995b), severity rating itu terbagi ke dalam 5, yaitu :
SR

Pada Kasus 1 dan 2  memiliki nilai severity rating pada tinglkatan no. 2 sehingga perbaikan dilakukan dalam prioritas rendah.

Kembali ke >> Evaluasi Heuristik pada MobileApps SoundHound

1 comment :

  1. saya sangat setuju dengan zidny. help dan dokumentasi merupakan bagian yang penting dalam suatu apps, hal ini dikarenakan user tidak akan selalu lancar dalam menggunakan software atau apps yang orang lain buat. Ide yang bagus, seharusnya help tidak ditaruh dalam tahapan yang jauh. Karena untuk membuka help yang terlihat saja butuh effort yang besar, apalagi help yang tahapan menunya jauh XD

    Semangat~
    drbears.blogspot.com

    ReplyDelete