Pengalaman Mengikuti Pelatihan Customer Journey Mapping oleh UX Indonesia

by 4:19 AM 0 comments






            Jumat, 11 Maret 2016, Telah dilaksanakan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh UX Indonesia. Pelatihan kali ini bertemakan Customer Journey Mapping, Pada pelatihan kali ini dihadiri mulai dari mahasiswa hingga praktisi yang bekerja dibidang UX dan berasal mulai dari startup, e commerce, perbankan, transportasi, dan perusahaan lainnya. Tujuan utama dari pelatihan ini agar peserta mampu menggunakan hingga membuat peta pengalaman pengguna dalam proses bisnis dan desain berdasarkan prinsip – prinsip pengalaman pengguna (UX).



Pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi utama, pada sesi pertama membahas secara mendasar megenai Peta pengalaman pengguna seperti bagaimana bentuk peta pengalaman pengguna yang baik, diikuti dengan praktikal pembuatan yang dilakukan secara berkelompok. Tahap awal penggunaan peta pengalaman pengguna dimulai dengan menentukan produk atau sisitem yang ingin dikembangkan dan kemudian peserta bisa memetakan pengalaman pengguna yang dibagi menjadi 3 dimensi waktu yaitu before, during dan after. Hal ini bertujuan agar kita dapat memahami alur yang telah dilewati oleh sasaran pengguna aplikasi sebelum hingga sesudah pemakaian aplikasi yang ingin kita kembangkan secara umum. Tahap kedua peserta membuat daftar yang terdiri dari Customer Gains, Customer Pains Customer Jobs, Gain Creators dan Pain Relievers. 
Hal tersebut dilakukan agar kita bisa memetakan apa saja faktor yang bisa mempengaruhi respons pengguna terhadap sistem yang sedang dikembangkan. Tahap terakhir dari sesi 1 ini di tutup dengan pembuatan user persona.  




 
Sesi kedua dibuka dengan presentasi hasil pekerjaan dari setiap kelompok, diakhir presentasi  setiap kelompok akan mendapatkan feedback baik dari narasumber dan peserta lainnya. Tahap selanjutnya setiap peserta bersama regunya  mulai membuat peta pengalaman pengguna secara keseluruhan yang kemudian kembali di presentasikan kepada setiap peserta lainnya diikuti feedback yang diberikan dari narasumber,

yang paling menarik pada pelatihan kali ini adalah ketika kita mengerjakan secara berkelompok sehingga dibutuhkan kerja sama tim yang baik dan menyatukan berbagai macam pendapat hingga menfapatkan solusi yang terbaik.







0 comments :

Post a Comment