Jumat, 11 Maret 2016, Telah dilaksanakan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh UX Indonesia. Pelatihan kali ini bertemakan Customer Journey Mapping, Pada pelatihan kali ini dihadiri mulai dari mahasiswa hingga praktisi yang bekerja dibidang UX dan berasal mulai dari startup, e commerce, perbankan, transportasi, dan perusahaan lainnya. Tujuan utama dari pelatihan ini agar peserta mampu menggunakan hingga membuat peta pengalaman pengguna dalam proses bisnis dan desain berdasarkan prinsip – prinsip pengalaman pengguna (UX).
Pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi utama, pada sesi
pertama membahas secara mendasar megenai Peta pengalaman pengguna seperti
bagaimana bentuk peta pengalaman pengguna yang baik, diikuti dengan praktikal
pembuatan yang dilakukan secara berkelompok. Tahap awal penggunaan peta
pengalaman pengguna dimulai dengan menentukan produk atau sisitem yang ingin
dikembangkan dan kemudian peserta bisa memetakan pengalaman pengguna yang
dibagi menjadi 3 dimensi waktu yaitu before,
during dan after. Hal ini bertujuan agar kita dapat memahami alur yang telah
dilewati oleh sasaran pengguna aplikasi sebelum hingga sesudah pemakaian
aplikasi yang ingin kita kembangkan secara umum. Tahap kedua peserta membuat
daftar yang terdiri dari Customer Gains, Customer Pains Customer Jobs, Gain
Creators dan Pain Relievers.
Hal
tersebut dilakukan agar kita bisa memetakan apa saja faktor yang bisa mempengaruhi
respons pengguna terhadap sistem yang sedang dikembangkan. Tahap terakhir dari
sesi 1 ini di tutup dengan pembuatan user persona.
Sesi kedua dibuka dengan presentasi hasil pekerjaan dari
setiap kelompok, diakhir presentasi
setiap kelompok akan mendapatkan feedback baik dari narasumber dan
peserta lainnya. Tahap selanjutnya setiap peserta bersama regunya mulai membuat peta pengalaman pengguna secara
keseluruhan yang kemudian kembali di presentasikan kepada setiap peserta
lainnya diikuti feedback yang diberikan dari narasumber,
yang paling menarik pada pelatihan kali ini adalah ketika
kita mengerjakan secara berkelompok sehingga dibutuhkan kerja sama tim yang
baik dan menyatukan berbagai macam pendapat hingga menfapatkan solusi yang
terbaik.
0 comments :
Post a Comment